You are using very small device. We're sorry we're unable to support your device. Please consider opening this website on other device.


June 7, 2018

Tontonan Bermutu di Youtube ACLC Aksi Kita

Tak sedikit orang tua yang mengeluhkan langkanya tontonan bermutu produksi lokal untuk anak-anak jaman sekarang. Tontonan ringan seperti Si Unyil yang mengajarkan nilai-nilai luhur sudah tergantikan oleh sinetron-sinetron yang tak layak dikonsumsi anak-anak.

Alih-alih mendidik, kebanyakan tontonan tersebut malah sering menyisakan dampak buruk pada perkembangan anak. Karena kenyataan itu jualah, mau tak mau, para orang tuapun akhirnya beralih pada siaran anak yang berasal dari luar. “Lebih masuk ke dunia anak-anak,” begitu alasan orang tua. Padahal, tak semua nilainya sesuai dengan budaya kita.

Demi menjawab kerinduan orang tua tersebut, tim Pusat Edukasi Antikorupsi KPK menciptakan tokoh-tokoh baru yang bisa menjadi idola anak Indonesia; Si Kumbi Anak Jujur dan Sahabat Pemberani. Kalau sebelumnya dua cerita ini hadir dalam media offline yaitu buku cerita dan komik, sekarang sudah bisa disaksikan di kanal Youtube Aksi Kita ACLC dalam bentuk film animasi. (more…)

selengkapnya

June 7, 2018

Mari Jadikan Si Kumbi sebagai Idola Anak Jaman Now

Anak-anak biasanya memiliki tokoh-tokoh yang mereka kagumi, baik itu tokoh di komik, novel maupun dari film. Anak anak Indonesia generasi 80-an misalnya, hampir tak ada yang tak mengenal tokoh si Komo: tokoh unik yang merepresentasikan salah satu binatang khas Indonesia yaitu komodo.

Sejarah mencatat bahwa Si Komo pernah menjadi idola anak-anak karena cerita yang diusungnya sarat dengan nilai moral yang divisualisasikan dengan menarik lewat serial TV. Namun sayang, di tengah makin gencarnya arus masuk budaya luar dan persaingan industri, si Komo pun tinggal kenangan.

Lalu, tokoh mana lagi yang bisa menjadi idola anak-anak jaman now?
Tim ACLC bersama KPK punya ikon antikorupsi untuk anak-anak bernama Si Kumbi. Si Kumbi dan kawan-kawannya akan mengajak anak-anak Indonesia untuk berpikir, berkata dan berlaku jujur sejak usia dini. (more…)

selengkapnya

June 6, 2018

Orange Juice for Integrity: Penggalan Kisah Teladan dari Negarawan dalam Bentuk Audiobook

Dewasa ini bangsa Indonesia kerap dilanda sakit akibat virus korupsi. Akibat virus korupsi, pembangunan menjadi tersendat karena banyak anggaran yang masuk ke kantong para koruptor.

Dalam upaya mencegah dan mendidik masyarakat terhadap virus yang berbahaya ini, KPK mengeluarkan berbagai produk edukasi. Tak hanya lewat media visual seperti buku dan board games, Pusat Edukasi Antikorupsi KPK juga telah merambah ke produk edukasi berupa audiobook.

Buku yang diceritakan melalui rekaman suara ini bertujuan untuk mempermudah sosialisasi dan edukasi antikorupsi bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik maupun waktu. Lebih khusus lagi, audiobook ditargetkan untuk para disleksia, tuna netra, tuna aksara dan kaum difabel lainnya sehingga mereka bisa memperoleh informasi dan pengetahuan yang sama tentang korupsi sebagai WNI. (more…)

selengkapnya

June 2, 2018

Komik Edukasi Antikorupsi Sahabat Pemberani

Pada suatu sore, Kirana, Panji dan Krisna berjalan-jalan di taman sekitar rumah mereka. Saat asyik mengobrol, mereka melihat seorang Bapak membuang sampah tidak pada tempatnya. Ketiga sahabat itu kemudian menghampiri si Bapak dan memperingatkan beliau untuk menjaga kebersihan taman dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sang Bapak tidak mau menerima teguran baik-baik itu. Beliau bahkan menghardik Panji dan teman-temannya karena merasa tersinggung dinasehati oleh anak kecil. Beruntung ada petugas taman yang melihat kejadian tersebut. Petugas menegur si Bapak atas tindakannya yang telah merusak lingkungan dan memarahi anak-anak yang tak bersalah. Si Bapak akhirnya mau menerima kesalahan dan mengambil sampah yang dilemparnya tadi untuk dimasukkan ke dalam tong sampah.

Kisah di atas adalah cuplikan dari komik strip “Sahabat Pemberani” yang diluncurkan oleh KPK di portal Pusat Edukasi Antikorupsi Buku Komik Strip Sahabat Pemberani. (more…)

selengkapnya

May 7, 2018

Youth Against Corruption: Pahami Dulu Baru Lawan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerbitkan sebuah buku melawan korupsi untuk remaja yang berjudul “Pahami Dulu Baru Lawan.” Sinergi ini dilakukan KPK sebagai langkah preventif korupsi melalui jalur literasi.

Sesuai judulnya, buku ini dibuat untuk memberi pengetahuan dan pemahaman pada generasi muda tentang praktik korupsi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun dimana-mana orang kerap menyebut-nyebut korupsi, rupanya tak banyak yang tahu apa makna korupsi sebenarnya, apa saja contohnya dan bagaimana langkah yang harus diambil untuk mencegah dan melawannya.

“Mau Menang Perang? Kenali Dulu Siapa Musuh Lo!” kira-kira ungkapan inilah yang menjadi latar belakang terbitnya buku di atas. Ibaratnya, semua pembelajaran yang ada di buku akan menjadi modal dan senjata kuat bagi generasi muda yang ingin menumpas korupsi. (more…)

selengkapnya

Copyright © 2018 Komisi Pemberantasan Korupsi